jump to navigation

Sistematika Pembahasan Juli 25, 2007

Posted by haniif in My Thesis.
Tags: , , ,
trackback

Laporan penelitian ini dibagi atas beberapa bagian. Bagian pertama adalah pendahuluan. Pada bagian ini diuraikan latar belakang penelitian, permasalahan-permasalahan yang tercakup pada penelitian, tujuan penelitian, manfaat yang dapat diambil dari penelitian, serta batasan dan ruang lingkup dari penelitian. Dan dibagian akhir diuraikan sistematikan penyajian laporan penelitian.

Bagian kedua berisi tinjauan pustaka. Pada bagian ini dipaparkan teori-teori serta pustaka yang dipakai pada waktu penelitian. Teori-teori ini diambil dari buku literatur dan dari internet. Teori yang dibahas meliputi teori tentang penelitian terhadap perilaku konsumen, manajemen inventori, sistem pendukung keputusan, data warehouse dan OLAP, data mining, market basket analisis, dan association rule

Bagian ketiga memaparkan langkah-langkah yang digunakan untuk membahas permasalahan dalam penelitian. Pada bagian ini dijelaskan alat dan metoda yang digunakan untuk melakukan perencanaan dan mendapatkan spesifikasi kebutuhan pengguna. Selain itu dipaparkan juga metoda yang digunakan untuk merancang dan menganalisa sistem. Bagian ini diberi judul Metodologi Penelitian.

Bagian keempat menjelaskan
kondisi obyek penelitian. Kondisi dijelaskan meliputi kondisi dari perangkat lunak, kondisi perangkat keras, serta kondisi data yang ada di obyek penelitian. Dengan mengetahui kondisi dari obyek penelitian, maka akan bisa digambarkan kebutuhan pengguna terhadap aplikasi yang dikembangkan.

Bagian kelima menjelaskan
analisa dan identifikasi kebutuhan pengguna pada aplikasi kemudian dilanjutkan dengan desain aplikasi. Identifikasi kebutuhan pengguna dilakukan agar aplikasi yang dikembangkan nantinya dapat dimanfaatkan secara optimal. Hasil yang didapatkan dari proses ini adalah daftar kebutuhan pengguna dan desain aplikasi.

Desain yang didapat pada bagian sebelumnya selanjutnya diimplementasikan. Detail dari implementasi aplikasi tersebut dijelaskan pada bagian kelima. Dibagian ini juga dipaparkan beberapa skenario ujicoba pada aplikasi yang telah dibuat dengan cara memasukkan contoh data yang didapatkan dari obyek penelitian kedalam aplikasi. Selanjutnya dibagian akhir bagian ini, data hasil uji coba tersebut dievaluasi. Evaluasi dilakukan dengan melakukan perbandingan antara hasil yang didapatkan dengan keadaan sebenarnya.

Dibagian akhir (bagian ke enam) akan dituliskan simpulan dari hasil penelitian serta saran bagi pihak lain yang akan melanjutkan penelitian ini.

.

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: