jump to navigation

Sistem Pendukung Keputusan ( SPK ) Agustus 1, 2007

Posted by haniif in My Thesis.
Tags: , , , , , ,
trackback

Konsep Sistem Pendukung Keputusan (SPK) / Decision Support Sistem (DSS) pertama kali diungkapkan pada awal tahun 1970-an oleh Michael S. Scott Morton dengan istilah Management Decision Sistem. Sistem tersebut adalah suatu sistem yang berbasis komputer yang ditujukan untuk membantu pengambil keputusan dengan memanfaatkan data dan model tertentu untuk memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur [10].

Istilah SPK mengacu pada suatu sistem yang memanfaatkan dukungan komputer dalam proses pengambilan keputusan. Untuk memberikan pengertian yang lebih mendalam, akan diuraikan beberapa difinisi mengenai SPK yang dikembangkan oleh beberapa ahli, diantaranya oleh Man dan Watson yang memberikan definisi sebagai berikut, SPK merupakan suatu sistem yang interaktif, yang membantu pengambil keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur. [10]

Karakteristik dan Nilai Guna

Karakteristik sistem pendukung keputusan adalah [10]:

  1. Sistem Pendukung Keputusan dirancang untuk membantu pengambil keputusan dalam memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur ataupun tidak terstruktur dengan menambahkan kebijaksanaan manusia dan informasi komputerisasi.
  2. Dalam proses pengolahannya, sistem pendukung keputusan mengkombinasikan penggunaan model-model analisis dengan teknik pemasukan data konvensional serta fungsi-fungsi pencari / interogasi informasi.
  3. Sistem Pendukung Keputusan, dirancang sedemikian rupa sehingga dapat digunakan/dioperasikan dengan mudah.
  4. Sistem Pendukung Keputusan dirancang dengan menekankan pada aspek fleksibilitas serta kemampuan adaptasi yang tinggi.

Dengan berbagai karakter khusus diatas, SPK dapat memberikan berbagai manfaat dan keuntungan. Manfaat yang dapat diambil dari SPK adalah [10]:

  1. SPK memperluas kemampuan pengambil keputusan dalam memproses data / informasi bagi pemakainya.
  2. SPK membantu pengambil keputusan untuk memecahkan masalah terutama berbagai masalah yang sangat kompleks dan tidak terstruktur.
  3. SPK dapat menghasilkan solusi dengan lebih cepat serta hasilnya dapat diandalkan.
  4. Walaupun suatu SPK, mungkin saja tidak mampu memecahkan masalah yang dihadapi oleh pengambil keputusan, namun ia dapat menjadi stimulan bagi pengambil keputusan dalam memahami persoalannya, karena mampu menyajikan berbagai alternatif pemecahan.

Di samping berbagai keuntungan dan manfaat seperti dikemukakan diatas, SPK juga memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah [10] :

  1. Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan, sehingga model yang ada dalam sistem tidak semuanya mencerminkan persoalan sebenarnya.
  2. Kemampuan suatu SPK terbatas pada perbendaharaan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar).
  3. Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya juga tergantung pada perangkat lunak yang digunakan.
  4. SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia. Sistem ini dirancang hanyalah untuk membantu pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya.

Jadi secara dapat dikatakan bahwa SPK dapat memberikan manfaat bagi pengambil keputusan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja terutama dalam proses pengambilan keputusan.

Komponen Sistem Pendukung Keputusan

Sistem pendukung keputusan terdiri atas tiga komponen utama yaitu [10]:

  1. Subsistem pengelolaan data (database).
  2. Subsistem pengelolaan model (modelbase).
  3. Subsistem pengelolaan dialog (userinterface).

Hubungan antara ketiga komponen ini dapat dilihat pada gambar dibawah.

Gambar : Hubungan antara tiga komponen sistem pendukung keputusan

Sub sistem pengelolaan data (database)
Sub sistem pengelolaan data (database) merupakan komponen SPK yang berguna sebagai penyedia data bagi sistem. Data tersebut disimpan dan diorganisasikan dalam sebuah basis data yang diorganisasikan oleh suatu sistem yang disebut dengan sistem manajemen basis data (Database Management System).
Sub sistem pengelolaan model (model base)
Keunikan dari SPK adalah kemampuannya dalam mengintegrasikan data dengan model-model keputusan. Model adalah suatu tiruan dari alam nyata. Kendala yang sering dihadapi dalam merancang suatu model adalah bahwa model yang dirancang tidak mampu mencerminkan seluruh variabel alam nyata, sehingga keputusan yang diambil tidak sesuai dengan kebutuhan oleh karena itu, dalam menyimpan berbagai model harus diperhatikan dan harus dijaga fleksibilitasnya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pada setiap model yang disimpan hendaknya ditambahkan rincian keterangan dan penjelasan yang komprehensif mengenai model yang dibuat.
Subsistem pengelolaan dialog (user interface)
Keunikan lainnya dari SPK adalah adanya fasilitas yang mampu mengintegrasikan sistem yang terpasang dengan pengguna secara interaktif, yang dikenal dengan subsistem dialog. Melalui subsistem dialog, sistem diimplementasikan sehingga pengguna dapat berkomunikasi dengan sistem yang dibuat.

Fasilitas yang dimiliki oleh subsistem dialog dibagi menjadi tiga komponen [10]:

  1. Bahasa aksi (action language), yaitu suatu perangkat lunak yang dapat digunakan oleh user untuk berkomunikasi dengan sistem, yang dilakukan melalui berbagai pilihan media seperti keyboard, joystick dan keyfunction yang lainnya.
  2. Bahasa tampilan (display and presentation language), yaitu suatu perangkat yang berfungsi sebagai sarana untuk menampilkan sesuatu. Peralatan yang digunakan untuk merealisasikan tampilan ini diantaranya adalah printer, grafik monitor, plotter, dan lain-lain.
  3. Basis pengetahuan (knowladge base), yaitu bagian yang mutlak diketahui oleh pengguna sehingga sistem yang dirancang dapat berfungsi secara interaktif.
About these ads

Komentar»

1. Lukas - Februari 25, 2008

Thx untuk referensinya ….

2. rama - April 16, 2008

untuk system pendukung..saya sangat tertarik….karna isi temanya sangat bagus..dan saya suka banget

3. RAHMAN - Juli 2, 2008

blh tanya ? apa perbedaan SPK (sistem pendkung keputusan ) dengan SIM (sistem informasi manajemen) ada g sih perusahan yang menggunakan SPK kalau ada perusahaan apa ? sebutkan SPK tentang apa. makasih ya…

4. haniif - Juli 3, 2008

sebenarnya SPK bisa dikatakan aplikasi lanjutan dari SIM. SIM ‘hanya’ mencatat transaksi operasional dari pesusahaan. Misal SIM penjualan hanya mencatat transaksi penjualan ke customer dan transaksi pembelian ke supplier. Nah,.. SPK menindak lanjuti data ini. Semisal dengan melakukan prediksi (peramalan) penjualan untuk beberapa periode yang akan datang atau memprediksi barang yang akan dibeli bersamaan dengan pembelian suatu item barang (market basket).

5. kartika dharma - Agustus 28, 2008

klo penentuan sebuah barang yang populer dibeli oleh konsumen pada transaksi penjualan, apakah prosesnya dapat menggunakan SPK? algoritma apa aja yang bisanya digunakan untuk merancang sebuah SPK? please referensi ato artikelnya juga boleh.

thx yo……

salam

6. haniif - Agustus 28, 2008

Untuk menentukan data barang yang paling banyak dibeli oleh konsumen, kita bisa menggunakan metode assicoation rule pada market basket analysis.

Untuk artikel, coba lihat di http://datamining.japati.net/
Selain itu, coba ikutan milistnya.

Salah satu tool yang bisa digunakan untuk melakukan analisa seperti ini adalah SQL Server dan Microsoft Excel. Lihat pada tag data mining, SQL Server, dan Microsoft Excel pada blog ini.

7. Vicky - September 1, 2008

thks bwt materinya. BTW aku masih kurang mengerti mengenai pemodelan?
bisa dikasih contohnya?
terima kasih

8. ican - September 10, 2008

mu nanya..

pada saat apa memakai SIM dan SPK(kpn digunakannya)..

kenapa harus menggunakan SPK jika memakai SIM jg bisa..

9. haniif - September 13, 2008

Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, SPK ini adalah kelanjutan dari SIM. Dari sisi pengguna yang menggunakan SIM biasanya operator sedangan yang menggunakan yang menggunakan SPK biasanya adalah level manajemen keatas.

Semisal untuk sistem di swalayan. Yang disebut dengan SIM adalah Point Of Sales dan software back office dibelakangnya, yang digunakan untuk membuat laporan harian dan laporan rugi laba. Untuk SPK laporan yang di hasilkan lebih komplek lagi. Semisal laporan untuk mengetahui keterkaitan atara barang yang dibeli oleh pengunjung swalayan. Laporan ini dibuat dengan mengolah data penjualan dengan menggunakan Association rule mining atau rule-based neural network

10. nagas - September 21, 2008

boleh minta refesensi dan E-book nya dong tentang SPK?

terima kasih…..

11. dera - September 26, 2008

boleh tanya gak.? model model spk sendiri ada berapa macam sekalian penjelasan nya ya..

terimakasih …….

12. ayu - Oktober 1, 2008

thx y atas referensinya… masih ada lg gak referensi tentang spk? terutama tentang GDSS… thx u… ^o^

13. siz - Oktober 16, 2008

thx bwt referensix….^^

14. echy - Oktober 20, 2008

Apa sich bedanya DSS dengan expert system…!?

15. wawa - Oktober 22, 2008

minta tolon dong….
kasi tau tentang macam-macam model dalam SPK..
Trima kasih..

16. izzid - Oktober 25, 2008

tanya donk??
persyaratan database yang baik untuk spk itu apa??
makch atas jawaban

17. frdsrcks™ - November 13, 2008

terimakasih tuan.

18. m-ka - November 28, 2008

minta tolong dong referensinya??

19. limoctohabri - Februari 4, 2009

mau nanya ?
tolong donk kasih tau model-model dan keputusan apa yang membantu dalam sistem informasi penggantian biaya pengobatan ?please….!!!

20. Ami - Februari 8, 2009

Jenis – jenis spk itu apa ya

21. septi - Februari 19, 2009

leh tanya dikit gak? gini saya gi nyusun skripsi/TA mengenai SPK pemberian kredit kepada pengusaha mikro kecil dan menengah pada kantor dinas koperasi di wilayah saya. saya masih lom paham tentang SPK, bisa tolongin gak kasih penjelasan yang lebih rinci?? Please…………

22. SHARY - April 11, 2009

makasi y coz gw lagi dapet tugas SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

23. eko - Mei 11, 2009

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas referensinya.
Saya mempunyai beberapa pertanyaan,
1. Kondisi atau keadaan atau masalah atau persoalan yg bagaimana yg bisa dikatakan tidak terstruktur dan semi terstruktur??
2. Apakah SPK dapat berdiri sendiri tanpa adanya sangkut paut pemakaian algoritma ataupun metode??
3. Spk dengan menggunakan metode dr sistem pakar apakah dperbolehkan??
‘Misalkan spk dgn menggunakan metode backward dan forward chaining..
Dan apakah itu jg masih disebut Spk??

Mohon pencerahannya, pak. Terima kasih…
Hormat saya:
Eko (mahasiswa), mail4nopix@yahoo.co.id

24. FADlinux - Agustus 4, 2009

mantap ..nih
kebetulan buat ref sidang sarjana Gw..
doakan saya lulus y OM
hihi

25. ctzahra - September 16, 2009

terima kasih…..

ini sangat membantu ku dalam mengerjakan tugas..

^_*

26. triasmara - Oktober 11, 2009

mksah pencerahannya

27. addhe warman - Desember 6, 2009

Terima kasih kk,

28. Ega C. Raymandha - Desember 14, 2009

mas.. bagus banget nih artikelnya..
bisa buat landasan teori skripsi saya…
boleh minta referensi atau daftar pustakanya mas..?

terima kasih..

29. Dimas - Januari 6, 2010

mas, bisa minta referensi nya?
pas dapat tugas spk nih,

makasih sebelumnya

30. rina - Januari 29, 2010

sya mau tya hubungan dss dengan analisis prediksi, intelligen bisnis,analisis bisnis.
terima kasih

31. pupuloph - April 10, 2010

Saya minta ijin untuk mengkutip ( copy/paste ) sebagai bahan referensi membantu saya mengerjakan tugas mata kuliah SPK ^_*
TERIMA KASIH atas ilmunya bapak ^_^

32. DW - Juni 21, 2010

maaf aku mu nanya hubungan SIM ma SPK apa ya?
masih bingung soalnya.tolong jawab yaaa..
ini buat tgs UAS,dikumpulin 2 hari lagi.TRIMS BANYAK

33. rahman - Desember 9, 2010

thanks 4 SPKnya

34. Uyunk Silalahi - Januari 17, 2011

Apa Saja Tipe Sisitem Pendukung Keputusan. Samapai saat ini saya belum mnemukan Jawabanya.

35. hani - Maret 28, 2011

faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan itu apa ya???tolong dijelaskan saya sudah mencari tapi gag ketemu…please share

36. hani - Maret 28, 2011

yang saya tanyakan faktor kognitif dan manajemen tolong dijelasin ea,,,makasih…:)

37. argien - April 27, 2011

makasihh.. cukup membantuu :D

38. Budi anggara - Mei 3, 2011

Sumber na mana?? bisa gak cantumkan sumber nya?? thank be4..

39. Sistem Pendukung Keputusan ( SPK ) « My Note On (dot)wordpress.com - Juni 11, 2011

[...] Sumber [...]

40. Nur - Desember 21, 2011

Maksudnya, “masalah yang sifatnya semi terstruktur maupun yang tidak terstruktur” itu seperti apa ?

41. Surya - Januari 17, 2012

thanks gan referensinya

42. ondoeryendri - Maret 6, 2012

bang q lagi mau nyusun TA ne, angkat tettang spk kira2 metode apa ya yang pas untuk di pakai jika yang qt angkat tu judulx SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PASAL DAN HUKUMAN YANG AKAN DI JATUHKAN UNTUK PERMASALAHAN TINDAK PIDANA TERHADAP HARTA KEKAYAAN

balas

tyan Raflesya - April 27, 2012

setahu saya itu sudah masuk ke sistem pakar

43. aishadzakira - April 18, 2012

Reblogged this on aishadzakira and commented:
ujiaaaaaaaaan>__<

44. vera - April 20, 2012

ajibbb..
langsung copas yakk gan.. ^.^

45. Alfiyatul Himmah (@emphiy) - September 27, 2012

makasi referensinya :)

46. Sistem Penunjang Keputusan Dengan Menggunakan Metode AHP | fransjoviandi - Oktober 24, 2012
47. MAKALAH SPK | mySunday - Oktober 31, 2012
48. Decision Support System ( Sistem Pendukung Keputusan ) | anahalfianah89 - Mei 16, 2013
49. surel - Mei 24, 2013

hidup SPK!!
skripsi gue tema spk

50. amdan - Juni 9, 2013

boleh saya tau anda mereferensikan kemana sumber asalnya?? karena saya lihat ada [10] yang berarti ada sumber referensi lagi…
teirma kasih..

51. (makalah) sistem pendukung keputusan | Universitas Narotama's Children (makalah) sistem pendukung keputusan | unpredictable!!!! - Juli 10, 2013
52. Burhanudin - Agustus 13, 2013

Nice info gan, kalo mau liat sistem pendukung keputusan dalam bentuk aplikasi,silahkan mampir disini gan
http://burhanudin.web.id/programing/sistem-pendukung-keputusan-penjurusan-sma-dengan-weighted-product-wp

53. Bagaskoro Panuntun - Oktober 17, 2013

numpang tanya gan
Perbedaan SPK sama DSS….?

Burhanudin - Oktober 17, 2013

SPK (sistem Pendukung Keputusan) == DSS (Decision Support System)
Gak ada bedanya mas..
http://burhanudin.web.id/

54. Aitport Transfer London City Airport - Januari 31, 2014

Hi there I am so thrilled I found your site, I really found yoou by mistake,while I was researching on Bing for something else,
Regardless I am here now aand would just like to say kudos
for a marvelous post and a all round enjoyable blog (I alsso love tthe theme/design),
I don’t have time to read throuh it all at the moment but I have bookmarked it and also added your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more,Please do keep up the awesome work.

55. Toko Bunga - April 14, 2014

Ternyata ada banyak artian SPK, saya sempat berfikir SPK itu hanya berarti surat perintah kerja.

56. Sistem Pendukung Keputusan (DSS) | lesmanaharis20 - April 15, 2014

[…] Di samping berbagai keuntungan dan manfaat seperti dikemukakan diatas, SPK juga memiliki beberapa keterbatasan, diantaranya adalah : 1. Ada beberapa kemampuan manajemen dan bakat manusia yang tidak dapat dimodelkan, sehingga model yang ada dalam sistem tidak semuanya mencerminkan persoalan sebenarnya. 2. Kemampuan suatu SPK terbatas pada perbendaharaan pengetahuan yang dimilikinya (pengetahuan dasar serta model dasar). 3. Proses-proses yang dapat dilakukan SPK biasanya juga tergantung pada perangkat lunak yang digunakan. 4. SPK tidak memiliki kemampuan intuisi seperti yang dimiliki manusia. Sistem ini dirancang hanyalah untuk membantu pengambil keputusan dalam melaksanakan tugasnya. (sumber : http://haniif.wordpress.com/2007/08/01/23-tinjauan-pustaka-sistem-pendukung-keputusan-spk/) […]

harr - April 29, 2014

Proses yg dapat dilakukan SPK tergantung pada software yg digunakan ?? maksudnya gimana thoo ?
SPK memang tidak memiliki kemampuan intuisi, karena SPK pada dasarnya memang hanya memberikan alternatif dalam pengambilan keputusan oleh manager.
SPK tidak sama dengan Sistem Pakar.

57. dafi - Juni 3, 2014

sangat membantu materinya buat perkuliahan saya. tapi saya masih bingung tentang ini, bagaimana analisis nilai dalam mempertimbangkan membuat SPK?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: