jump to navigation

Market Basket Analysis Mei 5, 2007

Posted by haniif in My Thesis.
Tags: , , ,
trackback

Metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan antar produk dalam sebuah transaksi penjualan retail adalah market basket analysis. Sesuai dengan namanya, metode ini berusaha menganalisa pembelian barang yang diletakkan dalam keranjang (basket). Dengan informasi yang didapat dari analisa ini, pembuat keputusan (dalam hal ini manajer) bisa membuat suatu kebijakan. Dalam penelitian yang akan dilakukan, informasi yang didapatkan akan dimanfaatkan oleh manajer purchasing atau bagian gudang untuk melakukan manajemen inventori. Untuk mendapatkan informasi yang valid, dibutuhkan data transaksi yang cukup besar. Data ini kemudian disimpan dalam suatu database untuk kemudian diolah lebih lanjut sehingga dihasilkan suatu pola hubungan antar produk yang dikenal dengan istilah Interesting Rule. Contohnya jika konsumen membeli senter, maka ia juga akan membeli baterai.

Dalam market basket juga dikenal istilah taksonomi. Istilah ini keluar karena dalam supermarket, item yang dijual biasanya ada ribuan. Sehingga untuk memudahkan proses pencarian rule, maka perlu dibuat suatu pengelompokan (taksonomi). Dengan adanya taksonomi, proses pencarian rule dalam market basket analysis menjadi lebih mudah karena banyaknya item dan produk-produk dalam rule yang terbentuk setara dengan tingkatannya.

Komentar»

1. Saepul - Maret 19, 2008

Saya tertarik dengan topik thesis anda tentang market basket analysis. kebetulan saya juga sedang menyusun tugas akhir kuliah saya. oh ya sebagai informasi saya mahasiswa S1 tingkat akhir jurusan Manajemen di bogor. Saya sangat tertarik dengan DBMS terutama data warehousing dan data mining. Kalau dizinkan saya ingin berkorespondensi langsung dengan anda, lewat e-mail tentunya, untuk berdiskusi langsung dengan anda. Terima kasih

2. haniif - Maret 21, 2008

Saya senang sekali jika ada yang mau berdiskusi dengan saya masalah ini. Untuk berdiskusi dengan saya, silahkan kirim email ke haniif@gmail.com.

3. randolf - Mei 3, 2008

yang dimaksud pengelompokan ( taksonomi)..pengelompokan seperti apa..?

4. haniif - Mei 4, 2008

taksonomi yang dimaksud pada tulisan diatas adalah pengelompokan item barang yanga ada di supermarket berdasarkan katagori tertentu. Misal untuk kelompok baju, sub kelompoknya ada baju pria, baju wanita, dan baju anak-anak. Kemudian baju pria di kelompokkan lagi menjadi hem, kaos, celana, dll. Hem dikelompokkan lagi berdasarkan merek. Dan begitu seterusnya. Untuk lebih jelasnya semisal kalau kita pergi ke carefour, barang-barang yang ada di sana akan ditata sedemikian rupa berdasarkan pengelompokan seperti contoh saya diatas.


Tinggalkan Balasan

