jump to navigation

Market Basket Analysis Agustus 1, 2007

Posted by haniif in My Thesis.
Tags: , ,
trackback

Market Basket Analysis bertujuan untuk mengetahui hubungan antar produk yang dibeli oleh konsumen dalam satu kali transaksi. Market basket analysis merupakan salah satu bahasan dalam data mining. Dalam Market basket analysis dibutuhkan data transaksi yang cukup besar sehingga pola hubungan antar produk yang didapat semakin valid. Pola hubungan antar produk ini berupa Interesting Rules. Market basket analysis memberikan informasi produk apa saja yang sering dibeli oleh konsumen secara bersamaan. Contohnya jika seorang konsumen membeli senter, maka ia juga akan membeli baterei. Informasi-informasi inilah yang digali dari data mining dengan Market basket analysis. Produk-produk yang sering dibeli secara bersamaan dapat ditempatkan secara berdekatan sehingga konsumen dapat dengan mudah menemukan apa yang ia cari. Dengan demikian para konsumen akan merasa puas dan penjualan juga akan meningkat.

Cara Kerja Market basket analysis

Market basket analysis bermula dari transaksi-transaksi yang berisi satu atau lebih produk atau pelayanan, dan beberapa informasi sementara dari transaksi tersebut. Untuk tujuan analysis ini kita sebut produk atau pelayanan sebagai item. Tabel 2.1 menggambarkan lima buah transaksi dengan lima buah produk pada sebuah swalayan.

Tabel 2.1 : Transaksi pada Sebuah Swalayan

Konsumen Produk yang dibeli

1

2

3

4

5

Jus, Soda

Susu, Jus, Pembersih Kaca

Jus, Deterjen

Jus, Deterjen, Soda

Pembersih Kaca, Soda

Masing-masing transaksi diatas memberikan informasi produk mana yang sering dibeli bersamaan dengan produk yang lain. Dengan data pada tabel diatas dapat dibentuk tabel Co-Occurrence yang memberikan penilaian seberapa sering hubungan antar produk dibeli bersamaan.

Tabel 2.2 : Co-Occurrence Produk

Jus Pbrsh Kaca Susu Soda Deterjen

Jus

Pbrsh Kaca

Susu

Soda

Deterjen

4 1 1 2 1

1 2 1 1 0

1 1 1 0 0

2 1 0 3 1

1 0 0 1 2

Tabel diatas menunjukkan hubungan antar produk pada setiap transaksi.Untuk lebih jelasnya, lihat baris ‘Soda’ dan kolom ‘Jus’. Disini terlihat bahwa soda dan jus dibeli secara bersama sebanyak 2 transaksi. Sedangkan pada baris dan kolom untuk produk yang sama menunjukkan jumlah produk tersebut dibeli oleh konsumen yang berlainan. Pada baris’Jus’ dan kolom’Jus’ menunjukkan bahwa transaksi yang didalamnya terdapat produk jus sebanyak 4 transaksi.

Kesimpulan sederhana dari Co-Occorence diatas antara lain :

  • Jus dan soda lebih sering dibeli bersamaan dibanding yang lain

  • Deterjen tidak pernah dibeli bersama dengan pembersih kaca atau susu

  • Susu tidak pernah dibeli bersama dengan soda atau deterjen

Kesimpulan sederhana dari pengamatan ini merupakan contoh sederhana dari asosiasi dan mungkin dapat disarankan untuk dibentuk rule. Contohnya ” Jika konsumen membeli soda, maka ia juga membeli susu”. Selanjutnya akan didiskusikan bagaimana didapatkan rule secara otomatis, dan seberapa bagus rule yang didapat.

Pada data diatas, 2 dari 5 data transaksi diatas terdapat soda dan jus yang dibeli bersama. Dua transaksi ini support (mendasari) terbentuknya rule. Presentase support dari ” Jika konsumen membeli soda maka membeli jus” adalah

Komentar»

1. randolf - Mei 2, 2008

tanya dunk…

apa gunanya support dan conffident sebagai probabilitas bersyaratnya

apa ga ada atribut” yang lain selain support dan confident sebagai ukuran kekuatan dari rulenya..

dan kenapa menggunakan support dan confident sebagai ukuran kekuatatn rule nya…

trims

2. Saepul - Mei 9, 2008

banyak artikel dan abstraksi market basket analysis yang saya dapat rata-rata membahas/menitikberatkan pada sudut pandang telematika bukan pada sudut pandang manajemen pemasaran. sedangkan penilitian saya berangkat dari manajemen pemasaran dan sistem informasi manajemen

3. ollie - Desember 4, 2008

halo
bisa tau alamat emailnya??
trims?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: