jump to navigation

BI menggunakan M$ Excell 2007 Maret 26, 2008

Posted by haniif in My Thesis.
Tags: , , , , , , ,
trackback

Waktu Microsoft melakukan lounching produk terbaru mereka beberapa waktu yang lalu (SQL Server 2008, VS 2008, dan Server 2008), salah seorang pembicara mengatakan bahwa ke depan, semua tampilan dari Business Inteligent (BI) akan bisa diakses melalui Microsoft office. Jadi pengguna tidak perlu membeli software tambahan lagi untuk menjalankan aplikasi BI mereka di client. Mereka hanya cukup beli Microsoft office dan koneksi ke BI Server. Waktu itu, dia member contoh dengan menampilkan data hasil analisa market basket dengan menggunakan tool data mining yang ada di Microsoft excel 2007. Waktu saya tanyakan ternyata tool itu include ketika kita melakukan installasi SQL Server 2008.

Minggu kemaren, sewaktu browsing literature untuk tesisku, ternyata Microsoft juga telah membuat tool yang bisa di implementasikan untuk menampilkan informasi hasil analisa data mining menggunakan SQL Versi 2005. Langsung aja aku download dan di test di NBku. Dan ternyata, suksessssssssssssss J.

Berikut salah satu contoh applikasi BI yang dijalankan melalui Microsoft Excel 2007. (perhatikan, ada tab Data Mining yang bisa dipakai untuk analisa data lebih lanjut).

Bagi yang ingin mencoba tool ini, silahkan download di :

http://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=7C76E8DF-8674-4C3B-A99B-55B17F3C4C51&DisplayLang=en

Komentar»

1. khusna - Juli 21, 2008

mas…thanks infonya, sy kan dah membuat cube , nah masalahnya untuk isi di tabel fact kan kosong, padahal kan hrs berhub dgn tabel dimensinya..
gimana caranya?, mhn bantuannya

terima kasih

2. haniif - Juli 21, 2008

Ehm,… Proses ETLnya sudah dijalankan apa belum ?
Pada proses ETL ini, kita memasukkan data dari data sumber (biasanya data transaksi) ke data warehouse. Pada proses ini kita memasukkan data ke tabel dimensi dan tabel fakta. Kemudian, untuk mengetahui fields mana saja yang termasuk tabel dimensi dan fields mana yang masuk dalam tabel fakta, sebelum proses ETL dijalankan, kita harus membuat pemetaan data dari data sumber ke data warehouse.

3. yuni - April 11, 2009

bagaimana cara melakukan pemetaaan datanya???dan bagaiman proses perhitungannya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: